Selasa, 10 Mei 2011

AKU & YOUNG GREEN LEADERS 2011 ❤

Hey guys, belum lama ini aku bersama 2 teman ku mengikuti lomba YGL (YOUNG GREEN LEADERS 2011) yang diadakan oleh Young On Top dan Garuda Youth Community UI . Awalnya kita ikut roadshow dan seleksi di SMA Labschool kebayoran tgl 28 Maret 2011. Di roadshow itu kita dapet materi tentang passion & global warming. Setelah itu kita disuruh membuat sebuah konsep project tentang lingkungan di sekolah. Oke itu tahap pertama seleksi, dan kita menunggu beberapa hari pengumuman ,apakah kita bisa ikut tahap kedua camp di ciawi atau tidak. Dan akhirnya betul saja kita lolos seleksi dan bisa ikut camp bareng teman-dari sekolah lain se jabodetabek ,Alhamdulillah :)

Oke, kita lanjut ke Camp. Camp diadakan tanggal 2 & 3 April 2011 di Lembah Petualang di Ciawi Bogor. Ada 30 orang peserta yang lolos sekelsi dari 10 Sekolah berbeda di wilayah Jabodetabek. Pada saat di camp, banyak hal yang kita lakuin & kita dapet. Kita dapet meteri leadership & penanganan project dari AIESEC, pengolahan sampah dari teh Nina (British Council), pengetahuan tentang global warming dan climate change dari GreenPeace, Ada StarBucks juga yang promosiin kalau perusahaan nya sudah mulai menggunakan produk daur ulang. Ohiya kak Billy Boen, penulis buku Young On Top & Top Words juga dateng looh, dia kasih materi tentang Out Of The Box, dia seorang pengusaha yg sukses diusia muda, seorang motivator & inspirator. Kita belajar banyak hal dari dia.
 *teman2 YGL*

Disana, kita mempresentasikan konsep project kita ke teman-teman kemudian dinilai & dikomentari oleh juri. Seperti camp-camp lain, malamnya kita ada api unggun & hiburan malam. Ini yang kita tunggu-tunggu …. Outbond ! yaeay kita fun banget outbond disana. Kita dibagi jadi beberapa kelompok, di Outbond kita banyak belajar, kerja sama, berani, tanggung jawab, menjaga omongan, dll. Pokoknya seru lah :D Setelah Outbond kita melanjutkan materi yang sebelumnya blm sempat terlakasana. Kita buat produk daur ulang dari sampah plastic yaitu dompet. Tapi sayang dompetnya blm jadi karena keterbatasan waktu. Setelah serangkaiaan acara kita ikutin kita pulang kerumah masing-masing dengan membawa bekal yang kita dapet pada saat di camp dan menerapkan konsep project kita disekolah masing-masing. Kita dikasih waktu 3minggu untuk menerapkan dan mengimplementasikan project kita itu .

 *semangat nyaa temen2 outbond*

Project ……….. Kita (SMK Negeri 50 Jakarta) membuat project 3R (Reduce, Ruse, Recycle).Tahap pertama kita kampanye dan pemberitahuan project kita disekolah dengan target 240siswa. Tahap kedua kita mengajak teman- untuk memilah & memisahkan sampah organik dan anorganik. Tahap ketiga yaitu tahap membuatan. Kita buat banyak produk daur ulang dari sampah sekolah, terutama sampah plastic, tutup bolol dan kertas. Tahap keempat yaitu tahap memasarkan produk. Pada tahap ini kami memasarkan produk kami ke teman-teman disekolah. Banyak teman-teman yang berminat dan membeli produk kami.
 *funbike*

 *produk recycle kita niiih :)*

Awarding …….. Ini rangkaian acara terakhir YOUNG GREEN LEADER 2011. Pengumuman lomba dan awarding pemenang. Awarding diadakan di Gedung FISIP Universitas Indonesia pada hari minggu tanggal 24 April 2011. Acara ini diadakan juga dalam memperingati hari Bumi yang jatuh pada tangal 22April. Sebelum acara awarding, ada juga acara funbike, seminar, workshop dan diskusi tentang lingkungan. Ada penilaian tahap akhir dari dewan juri. Setelah serangkaian acara itu kami ikuti, akhirnya sampai pada pengumuman pemenang dan awarding. Yaap pasti semua peserta degdegan banget (termasuk aku) mau cepet-cepet tau siapa yg menang dan dapet uang 5juta! Dan akhirnyaaaa ….. taraaaaa SMK 50 juara 1 !!! haha *tapiboong* :D

Ini dia nih juaranya :
Juara I : SMA PGRI Depok dengan project “Kompos”
Juara II : SMA 5 Bekasi dengan project “Kerja Bakti & Pembuatan lubang Resapan Biopori”
Juara III : SMA Labschool Kebayoran dengan Project “Lerak Shoap”

*workshop pembuatan gantungan kunci dari sampah plastik*

*peserta  workshop pegang hasil karya mereka*

*ini dia teh nina narsis yg ngasih ilmu tentang daur ulang sampah :D*

Selamat yaaa buat teman-teman yang juara! Walaupun SMK 50 gak menang,tapi buat aku kita tetep pemenang! Usaha kita untuk melakukan perubahan untuk bumi dan lingkungan kita gak boleh stop sampai disini karena kita gak juara. Masih banyak event lain dan masih banyak kesempatan lain untuk melakukan aksi nyata untuk sebuah perubahan untuk bumi kita. Selamat hari Bumi! Keep spirit ! TAKE YOUR PASSION AND MAKE IT HAPPEN ! :)