Jumat, 03 Juni 2011

Sebuah Formalitas Belaka

Pameran Lingkungan Hidup Indonesia! Dari namanya aja udah keren banget ya kan PAMERAN LINGKUNGAN HIDUP yg didalamnya banyak stand2 komunitas/instansi/ LSM yg bergerak dibidang lingkungan. Tapi sepertinya sangat gak sesuai namanya. Mau tau buktinya ?? Lihat gambar ini .....



Coba liat stand BADAN LINGKUNGAN HIDUP di belakang foto gua sama temen2. Itu apaaaaa ? yes itu STYROFOAM !!! omaygat banget kan?! Gua gak habis fikir, kok yg katanya Pameran Lingkungan Hidup stand nya pake styrofoam, ngenes banget kan yaa ? Padahal stand itu tempatnya pas banget di depan stand gua (ANCOL) yg jelas2 program kita kampanye anti styrofoam. Gila kali gua sama temen2 TGG berkoar2 kampanye anti styroam, stand depan Ancol jelas2 berstyrofoam ria! gua cuma bisa ketawa HAHA. Gak cuma Badan Lingkungan hidup itu aja yg standnya pake styrofoam, yg lainnya juga banyak. Empat jempol deh buat lembaga2 yg ngakunya peduli lingkungan, ramah lingkungan blablabla tapi nyatanya gak ada kontribusi apa2 buat lingkungannya, yg ada malah ngerusak. Coba sekarang fikir aja, sehabis mereka selesai pameran, styrofoam bekas stand nya mau dikemanain ? pasti dibuang jadi sampah, gak mungkin mereka daur ulang atau mereka pakai lagi! Lembaga Lingkungan penghasil sampah abadi ! HAHA

Tadi gua sama teman gua iseng muter2 pameran, semua stand gua kunjungin. Gua masuk ke stand Kementerian Lingkungan Hidup (daerah mana-nya lupa), Semua nya berbahan dasar styrofoam. Basa basi gua nanya2 sama penjaga stand disitu, Iseng juga gua nyeplos "Mbak2, ini Kementerian Lingkungan Hidup kan yaaa ? Kok standnya pake styrofoam sih? Kan gak ramah lingkunagn, gimana sih?!" *nyindir ala gua* :D Trus si mbak2 penjaga standnya cuma senyum2 gak bisa bales omongan gua . haha *yess gua seneng gua menang*. Ohiya gak cuma stand lembaga aja yg pake styrofoam, tapi stand makanan pun demikian. Hampir semuanya pake styrofoam. Gila gak tuh ?! Haha gak habis fikir banget.

Oke back ke keisengan gua, *karena iseng ini salah satu hobby gua haha* Gua muter2 sama temen gua si Ade sewaktu makan siang, gua bawa aja sticker sama brosur ttg bahaya styrofoam. Setiap stand gua liat penjaga standnya banyak yg makan pake styroam. Naaah muncul lah ide gua!! Setiap orang yg lagi makan pake styrofoam gua serobot, gua gak komat kamit banyak ngomong sih gua cuma deketin sambil ngomong "misi mbak/mas/ibu/bapak/om/tante!" (sambil ngasih sticker sama brosurnya) abis itu caaaaaooouuu!! temen gua cuma geleng2 kepala sambil ketawa2 sendiri ngliat keisengan gua.



Yaaaah itulah segelintir 'keanehan' yg gua temuin di pameran itu. Event Pameran Lingkungan Hidup itu buat gua cuma formalitas belaka, sebenarnya banyak banget kebohongan & kepalsuan di dalamnya. Kalau kata seseorang *suitsuit* ini bukan ajang peduli lingkungan, tapi ajang cari nama! Bagus sih acara kaya gini, bikin orang banyak peduli dengan lingkungannya. Yaaa tapi harus diimbangi dengan konsep yg bagus, larangan penggunaan styrofoam juga! Kalau kaya gini kan jadi kontrofersi ini sebenernya peduli lingkungan, ramah lingkungan atau APAAA ?!